Saksikan Sumatera Utara Mencari Bakat, Pj Gubernur Sumut Apresiasi Ajang Pencairan Bakat

2024-04-27

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) senantiasa mendukung dan mengapresiasi seluruh kegiatan kebudayaan di Sumut. Termasuk ajang pencarian bakat "Sumatera Utara Mencari Bakat".

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin, ajang pencarian bakat tersebut merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan budaya Sumut.

Hal tersebut disampaikan Hassanudin saat menyaksikan ajang Sumatera Utara Mencari Bakat yang diselenggarakan oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Badikenita Sitepu di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu (27/4).

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya guna menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya Sumatera Utara,” kata Hassanudin.

Kata Hassanudin, Sumut memiliki etnis beragam yang memunculkan produk kebudayaan yang sangat kaya pula. Produk kebudayaan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Apalagi produk kebudayaan tersebut memiliki daya saing yang tak kalah dari daerah lain.

Kata Hassanudin, nilai budaya merupakan suatu hasil cipta yang berkembang dari waktu ke waktu, yang tercermin dalam pengetahuan, tindakan dan hasil karya. Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan, nilai kebudayaan mengalami perubahan baru dan telah mempengaruhi masyarakat yang dapat menimbulkan suatu kekhawatiran akan tergesernya nilai peradaban tradisi yang selama ini cukup di bangggakan.

Untuk itu, Hassanudin mengajak partisipasi seluruh masyarakat Sumut untuk terus berkontribusi dalam pelestarian kebudayaan. Pemprov pun akan senantiasa bersama-sama dengan seluruh pihak untuk menjaga produk kebudayaan Sumut terus terjaga selamanya.

Pemerintah mengharapkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan warisan budaya Sumatera Utara, untuk itu dibutuhkan sistem manajerial perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik berkaitan dengan kemajuan kebudayaan sebagai sumber daya budaya bagi kepentingan masyarakat yang luas,” ujar Hassanudin.

Sementara itu Anggota DPD RI  Badikenita Sitepu mengatakan dari sekitar 300 peserta yang mengikuti audisi, ada kurang lebih 57 peserta yang berhasil masuk ke babak grand final Sumatera Utara Mencari Bakat. Audisi sudah diselenggarakan sejak Oktober 2023 lalu.

Badikenita mengatakan ajang tersebut diselenggarakan bertujuan untuk mencari bakat-bakat asal Sumut sekaligus penyaluran bakat mereka. Ajang tersebut merupakan komitmennya sebagai perwakilan daerah  untuk mengembangkan sumber daya manusia asal Sumut. Menurutnya anak muda Sumut memiliki potensi yang sangat besar.

Hadir mendampingi Pj Gubernur Sumut, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut Zumri Sulthony

Dokumentasi Pimpinan