Peringatan HGK PKK ke-52, Pj Gubernur Sumut Ingatkan Pentingnya Parenting

2024-04-28

Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52 yang dilaksanakan pada 28-30 April 2024 di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Jalan Jamin Ginting, Kabupaten Deliserdang. Hassanudin mengingatkan kepada PKK dari 33 kabupaten/kota se-Sumut tentang pentingnya parenting atau mengasuh anak.

 "Dalam membangun pondasi keluarga, peran perempuan dalam parenting atau mengasuh anak menjadi penting, di tengah-tengah era teknologi digital saat ini yang telah merasuk ke dalam hampir setiap aspek kehidupan kita. Di sinilah perempuan dituntut tidak hanya berperan sebagai ibu dan istri yang mendidik anak-anak dan mengelola rumah tangga, tetapi juga sebagai pengelola teknologi dan garda terdepan dalam parenting," kata Pj Gubernur Hassanudin, saat memberikan arahan, Minggu (28/4).

 PKK, kata Hassanudin, sebagai kekuatan perempuan di tingkat basis, memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan bangsa dan negara. Melalui berbagai program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, pendidikan, kesehatan, dan sosial, telah menjadi tulang punggung pembangunan yang kuat, dengan mengubah banyak keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga sejahtera.

 

“Kita tahu, bahwa budaya dan agama memainkan peran kunci dalam membentuk identitas kita  sebagai bangsa. ibu dalam sebuah keluarga berperan menanamkan budaya bagi generasi penerus seperti pentingnya hidup dengan kesederhanaan, kerja keras, solidaritas, rasa hormat, disiplin, hemat serta rajin menabung,” ujarnya.

 Seiring kemajuan teknologi, lanjut Hassanudin, tantangan dalam parenting juga semakin kompleks. Perempuan harus mampu memahami berbagai risiko dan bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan teknologi oleh anak-anak, seperti kecanduan internet, eksposure terhadap konten yang tidak pantas, dan bahaya cyber bullying.

 Teknologi juga menjadi kekuatan yang menggerakkan perekonomian. "Sebagai gambaran akan besarnya potensi ekonomi digital, dimana nilai penjualan ecommerce pada tahun 2023 mencapai Rp903 triliun. Secara keseluruhan kontribusi ekonomi  digital terhadap PDB Indonesia juga meningkat yakni mencapai 23,57%,” ujarnya.

 Hassanudin berharap dengan sinergitas antara PKK dan pemerintah, diharapkan program-program PKK yang direncanakan, serta yang dijalankan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, dan mendukung pembangunan secara keseluruhan untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan dan yang juga turut menangani stunting.

 

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin menyampaikan Tim Penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi, serta sinergitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan

 “Untuk hal itu, ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian kita semua yakni memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah, pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021 sampai dengan 2024,” pungkas Dessy.

 

Pelatihan kapasitas kader bagi TP PKK Kabupaten/Kota dan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 yang dilaksanakan di The Hill Hotel Resort Sibolangit dibuka oleh Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh seluruh Ketua PKK beserta kabupaten/kota se-Sumut.

 Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sumut Naslindo Sirait, Kepala Dinas Perdangan, Energi, dan Sumberdaya Mineral Mulyadi Simatupang, Kepala BP2RD Sumut Achmad Fadly, Kepala BPKAD Sumut Dani Lubis, Kepala Biro Kesejahteraan Setdapov Sumut Juliadi Zurdani Harahap.

Dokumentasi Pimpinan