Masuk dalam 12 Besar Penghargaan Pembangunan Daerah, Pj Gubernur Harap Kualitas Pembangunan Sumut Meningkat

2024-04-01

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu dari 12 provinsi yang lolos ke tahap II, ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024. Hal ini diharapkan menjadi pemacu Pemprov Sumut untuk terus membangun daerahnya lebih baik lagi.

Di tahap kedua ini akan dilakukan penilaian wawancara dan verifikasi selama dua hari. Proses ini diharapkan juga menjadi ajang diskusi Pemprov Sumut dengan tim penilai agar bisa menyusun dan melaksanakan pembangunan lebih berkualitas.

“Ini harus menjadi pemacu kita merancang, menyusun dan melaksanakan pembangunan lebih baik lagi, juga menjadi ajang kita berdiskusi dengan tim penilai, yang memiliki pengalaman besar dalam hal pembangunan di daerah,” kata Pj Gubernur Sumut 

Pj Gubernur Sumut juga menyampaikan beberapa capaian indikator makro pembangunan di Sumut tahun 2022-2023. Indikator ini menunjukkan tren yang positif, antara lain pertumbuhan ekonomi 4,73% menjadi 5,01%, pengangguran terbuka turun dari 6,16% menjadi 5,89%, angka kemiskinan menurun dari 8,42% menjadi 8,15%, dan Indeks Pembangunan Manusia meningkat 74,51 menjadi 75,13. Tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk tahun 2023 yang diukur dengan gini ratio tercatat sebesar 0,309 poin, membaik 0,003 point bila dibandingkan dengan tahun 2022.

“Di balik setiap prestasi yang kita peroleh tentu ada cerita perjuangan, kerja keras dan komitmen yang tulus dari seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, bersama kita menghadapi berbagai tantangan dan mengatasi hambatan untuk mencapai kemajuan,” kata Pj Gubernur Sumut.

 

Dokumentasi Pimpinan