Pj Gubernur Sumut melakukan Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri 2024

2024-03-04

Rakor tersebut juga diikuti lintas Kementerian dan Lembaga, serta pengusaha di bidang pangan untuk mewujudkan pangan yang terjangkau bagi masyarakat, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri 1445 H. Kita juga harus tetap menjaga ketersedian pangan dan harga terjangkau, perlu menjaga stabilitas keamanan terutama pada simpul-simpul transportasi seperti bandara, terminal stasiun pelabuhan dan jalan raya.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin juga menyambut baik arahan Pemerintah Pusat terkait upaya menjaga ketersediaan dan harga pangan maupun terkait pengendalian inflasi di daerah. Pemerintah Provinsi Sumut juga optimis dalam pengendalian inflasi  yang semakin baik ke depan. Adanya transformasi digital di berbagai bidang diyakini mampu memperkecil berbagai hambatan, baik bidang perdagangan, pemerintahan atau lainnya.

Di tahun 2023, berdasarkan data East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI), daya saing digital Sumut meningkat 5,7 poin (43,9) dibanding tahun 2022 (38,2). Kenaikan angka ini membawa Sumut naik peringkat dari posisi 13 ke posisi 10. Upaya-upaya ini berdampak signifikan pada inflasi Sumut yang terkendali di akhir tahun 2023. Inflasi Sumut pada November 2023 sebesar 3,20% (yoy), lebih tinggi dari nasional (2,86%) dan di Desember menurun ke angka 2,25% (yoy), lebih rendah dari nasional (2,61%)

Dokumentasi Pimpinan